Tips Sederhana Menata Dapur Agar Terlihat Rapi

Dapur adalah salah satu area yang memiliki banyak perabotan. Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan untuk menata dapur agar tidak berantakan sehingga enak untuk dipandang. Selain itu, penataan dapur yang benar dan sesuai dengan selera juga dapat meningkatkan mood Anda saat beraktifitas di dapur. Memasak dan bersih-bersih pun bisa jadi lebih menyenangkan. Agar dapur Anda terlihat bersih, rapi dan tetap fungsional.

Agar fungsi dapur menjadi lebih efektif, kamu diharuskan untuk menaruh beberapa furniture dalam dapur tersebut. Berikut merupakan tips menata dapur yang bisa Anda terapkan di dapur masing-masing

Urutan Efektif, Efisien dan Terjangkau

Sesuaikan urutan atau flow saat Anda memasak, misalnya wastafel untuk mencuci bahan makanan, island atau meja untuk potong memotong, lalu kompor untuk memasak, oven, tempat penyimpanan bumbu-bumbu dan sebagainya. Semua harus diatur agar Anda tak harus bolak-balik di dapur saat mengerjakan sesuatu. Selain itu penataan yang benar akan memudahkan Anda menemukan berbagai peralatan dapur saat dibutuhkan.

Setelah itu kamu bisa menampatkan kompor untuk memasak atau oven, selanjutnya kamu tinggal menempatkan tempat penyimpanan bumbu-bumbu masak dan yang lainnya. Mengapa mengurutkan kitchen set minimalis ini sangat penting dan diperlukan.Urutan yang benar akan lebih memudahkan kamu saat akan mengerjakan sesuatu di dalam dapur. Sehingga tidak harus bolak-balik di dalam dapur yang menjadi tidak efektif untuk kamu lakukan. Selain memudahkan, kitchen set minimalis yang diatur dengan baik akan lebih memudahkan kamu saat akan membutuhkan berbagai peralatan yang akan digunakan.

Pemilihan Warna yang Sesuai

Pemilihan warna kitchen set minimalis perlu kamu pertimbangkan. Bukannya warna tergantung selera pemilik kitchen set tersebut, pemilihan warna akan berpengaruh terhadap kesan yang luas dan lapang dari kitchen set minimalis. Kamu bisa menerapkan warna kitchen set dengan warna yang terang seperti putih dan yang lainnya. Jika kamu ingin menggunakan warna yang lebih gelap pastikan hanya pada bagian tertentu saja yang diaplikasikan pada kitchen set minimalis.

Pilih Bahan Pembuat Kitchen Set yang Kuat

Meskipun kamu memiliki ukuran kitchen set minimalis bukan berarti kamu tidak harus memperhatikan bahan pembuat kitchen set yang ada. Pemilihan bahan kitchen set bermanfaat agar kitchen set yang kamu miliki tahan lama dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Beberapa material kitchen set yang bisa kamu pilih adalah yang berbahan dari kayu solid (hardwood) dan juga stainless steel. Memilih material kitchen set yang tepat sangat penting.

Tempat Penyimpanan

Kitchen set minimalis membuat kamu tidak serta merta mudah meletakkan berbagai peralatan dengan mudah di sembarang tempat. Sebab kamu memiliki kendala berupa ruangan yang terbatas dan harus kamu pikirkan alternatif pemecahannya. Kamu bisa meletakkan peralatan berdasarkan instensitas penggunaan atau pemakaiannya. Sediakan laci atau tempat yang mudah dijangkau untuk meletakkan berbagai peralatan dapur yang paling sering kamu gunakan. Hal ini sangat bermanfaat agar kamu tidak direpotkan saat akan menggunakannya.

Sedangkan untuk berbagai peralatan yang jarang kamu gunakan. bisa diletakkan di area yang terpisah. Sehingga tidak akan menggangu kamu saat memasak di sekitar kitchen set minimalis. Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan pada kitchen set minimalis adalah dengan menyisakan bagian dinding dapur yang ada. Dinding dapur ini nantinya akan bermanfaat untuk menggantung alat-alat masak yang akan kamu gunakan.

Memaksimalkan Dinding yang Ada dengan Optimal

Berpikir secara kreatif untuk mengoptimalkan kitchen set minimalis yang di miliki. Jangan biarkan dinding yang ada tidak terpakai, caranya kamu bisa memanfaatkan dinding untuk menyimpan berbagai peralatan dapur seperti wajan, panci, dan lain sebagainya. Buatlah tempat penyimpanan secara vertikal dari bawah ke atas untuk memanfaatkan ruangan yang sempit menjadi lebih optimal.

Menentukan Ukuran yang Pas

Jika Anda memiliki ruang dapur yang terbatas, ada baiknya memilih ukuran perabotan dapur yang pas. Misalnya memilih lemari es dan kompor yang berukuran sedang dan membuat lemari kabinet bersusun ke atas untuk menghemat ruang. Semua ini bergantung pada selera dan luasnya dapur Anda.

Dengan pengaturan dapur yang pas, Anda akan semakin nyaman ketika beraktifitas di dapur. Proses masak memasak pun akan semakin menyenangkan dan praktis, demikian pula dalam proses membersihkan dan merapikannya kembali. Selamat mencoba!

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *