Perencanaan Tangga Baja

Dalam mendesain tangga yang aman dan nyaman, diperlukan desain yang tepat dan perlu diperhatikan mengenai bentuk dan ukurannya, dalam hal ini diperlukan juga Jasa Konsultan Interior yang ahli dibidangnya.

Tangga menurut beberapa sumber literatur diartikan sebagai elemen bangunan yang menjadi penghubung antar lantai bangunan bertingkat. Tangga tersusun atas beberapa bagian, seperti ibu tangga, anak tangga, railing, bordes, dan baluster. Sedangkan Tangga baja dapat diartikan sebagai elemen penghubung antar lantai bangunan bertingkat yang sebagian besar bermaterialkan baja. Tangga baja kerapkali dijumpai pada bangunan-bangunan industri seperti bangunan pergudangan, pabrik / manufaktur yang mana karakteristik bangunannya membutuhkan fleksibilitas yang tinggi.

Sedikit membahas tentang karakteristik bangunan yang fleksibel saat ini telah banyak diusung pada arsitektur bangunan residential seperti rumah tinggal maupun komersial. Isu pola hidup masyarakat memerlukan ruang yang dinamis, fleksibel, mudah, murah, dan tentunya berwawasan lingkungan. Atas dasar isu tersebut, di era tahun 1928 seorang arsitek bernama Le Corbuzier menggagas sebuah bangunan Villa Savoye yang kini klaim sebagai pencetus Arsitektur Modern Kontemporer dengan karakteristik dinamis, fleksibel, sederhana, yang mampu menjawab kebutuhan pola hidup masyarakat di masa depan.

Penggunaan tangga baja dalam desain interior rumah beberapa waktu terakhir sering digunakan pada bangunan-bangunan yang mengusung konsep modern, minimalis, dan kontemporer. Istilah kontemporer yang notabene berorientasi pada penggabungan aspek teknologi dan seni menjadi tren yang baru dan digemari.

Dalam konsep interior yang diusung oleh konsultan interior, tangga baja mempunyai berbagai macam manfaat antara lain :

Konstruksi Praktis

Konstruksi baja dapat dikatakan praktis dalam proses konstruksinya dibandingkan dengan kostruksi beton bertulang. Berikut adalah perbandingan prosesnya:

 

Dengan praktisnya proses tersebut maka akan berimplikasi pada kecepatan masa konstruksi dan penghematan biaya.

Kuat dan Kualitas Seragam.

Dapat dikatakan demikian dikarenakan proses pembuatan material baja dilakukan secara pabrikasi yang dapat dijamin kekuatan dan mutunya.

Fleksibel

Tak dapat dipungkiri, tangga yang fungsi aslinya merupakan salah satu alat sirkulasi pernghubung antar lantai lain diatasnya. Juga bisa berfungsi sebagai pembatas ruang dan juga sebagai elemen estetika bangunan yang menarik. Perkembangan teknologi belakangan ini kita juga mengenal teknologi lasser cutting yang dapat mewujudkan desain yang rumit menjadi lebih mudah dalam aplikasinya. Selain itu konstruksi baja juga dapat dikombinasikan dengan material kayu dan kaca.

          

Dinamis

Selain Fleksibel, tangga dengan konstruksi baja dapat berfungsi lebih, seperti memaksimalkan ruang di bawahnya menjadi area penyimpanan atau ruangan santai seperti tampak pada gambar berikut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *