Perencanaan Interior Outlet

Dalam memenuhi kebutuhan pengunjung perjalanan wisata, di perlukan sebuah jasa perencana interior yang berguna untuk memberi saran guna mensukseskan interior yang bagus.

Association of Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) mencatat perjalanan wisata domestik mengalami peningkatan sebanyak 10 persen selama semester pertama 2017 lalu. Pemerintah memproyeksikan jumlah wisatawan domestik tahun ini dapat mencapai 265 juta, meningkat dari 255 juta pada 2016. Namun, menilik tren pertumbuhan wisata saat ini, Asita memprediksi target itu dapat terlampaui sampai 275 juta wisatawan lokal. Liburan panjang kerap digunakan orang untuk berwisata, baik hanya sekedar mengunjungi famili atau bahkan pelesir ke tempat-tempat baru, yang belum pernah di datangi. Untuk itu dibutuhkan jasa perencana interior agar kawasan wisata tetap memadai meski banyak pengunjung

Berdasarkan keadaan di atas, adalah sebuah peluang untuk meningkatkan citra positif pariwisata. Akan tetapi saat ini terdapat beberapa kekurangan yang ada di lingkungan wisata. Salah satu nya adalah kebutuhan rest area. Ketersediaan rest area dalam mendukung kawasan wisata sangat mutlak dibutuhkan. Tidak hanya sebagai pelengkap saja, tetapi jika rest area yang tersedia cukup dalam mendukung suatu kawasan wisata, dapat dipastikan bahwa tingkat kunjungan akan semakin meningkat. Sehingga keadaan ekonomi di sekitar kawasan wisata dapat menjadi kuat.

Pengembangan kawasan rest area apabila direncanakan oleh Pemerintah daerah dengan tepat akan menjadi salah satu sumber tambahan bagi pendapatan daerah. Ini dikarenakan setiap wisatawan dapat dipastikan singgah sebentar untuk berbagai kebutuhan seperti beristirahat sejenak, makan, hingga berbelanja oleh-oleh khas wisata tersebut.

Beberapa fasilitas dalam rest area yang disediakan dapat bermanfaat bagi wisatawan antara lain :

  1. Tempat parkir yang luas.

Ketersediaan tempat parkir yang luas menjadi sebuah kelebihan dari sebuah rest area. Karena tidak hanya wisatawan keluarga saja yang datang ke tempat wisata favorit, bahkan wisata dalam jumlah rombongan yang menggunakan bus sebagai transportasi mereka. Jika tempat parkir yang diatur dengan baik mampu menampung bus dalam luasan yang terbatas, maka kawasan rest area tersebut pasti mendapati kunjungan yang tinggi

  1. Jumlah toilet

Jumlah toilet sangat penting untuk sebuah kawasan rest area. Apalagi jika tersedia dalam jumlah yang cukup banyak.

  1. Outlet Pendukung

Outlet pendukung seperti toko oleh – oleh, restoran menjadi pelengkap yang tidak boleh terlupa. Dalam hal ini pemerintah dapat menerapkan retribusi yang seimbang untuk sebuah rest area sehingga tercipta perputaran ekonomi di area tersebut.

Melihat perlunya kawasan rest area yang perlu dikembangkan dengan baik, Kami mencoba melihat dari sisi perspektif penataan interior ruangan. Maka diperlukan sebuah penataan interior ruangan yang tepat dalam upaya menciptakan pertumbuhan ekonomi di wilayah rest area. Interior yang dirancang dengan tepat di setiap outlet mampu memberikan nilai tambah dan daya saing outlet tersebut dalam suatu kawasan rest area. Sebagai contoh adalah perencanaan interior restoran. Interior yang dikonsep dalam setiap sudut restoran akan dapat memberikan kesan nyaman dan leluasa bagi pengunjungnya. Penataan ini meliputi alur keluar masuk pengunjung, penataan tempat makan, penataan tempat memasak yang dapat di ekspos ke pengunjung, penataan tempat display produk dan kasir, hingga penggunaan material cat dinding, lampu penerangan, hingga lantai.

Kami adalah konsultan interior yang dapat menjawab kebutuhan di atas. Tim ahli kami yang berpengalaman dalam desain interior dan arsitek handal siap melayani dan mendampingi Anda untuk merencanakan kebutuhan interior kawasan rest area.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *